450 KK Warga Program Kesehatan ODF Tallang Bulawang Selesai 100% diakhir 2017

BAJO, TN- Kepala desa Tallang Bulawang, Hadrah Syam,S.AN saat ditemui, kamis (22/11) menyampaikan bahwa program kesehatan jamban keluarga di desa tallang bulawang sudah selesai 100%, sejak tahun kemarin (2017)

Hadra sebagai kepala desa perempuan diluwu, pada Teropong diruang kerjanya menjelaskan kesuksesan salah satu program kesehatan desanya ditahun lalu dan berharap program kesehatannya berdampak positif terhadap warga dimasing-masing dusun

Pihak kesehatan tingkat kabupaten luwu waktu itu, kata Hadra. Mengsosialisasikan Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan. Sosialisasi tersebut diadakan di kantor Camat bajo dan Tim ODF turun langsung ke desa-desa termasuk desa tallang bulawang.

“Sehingga kami pemerintah desa langsung mendata warga kami yang belum memiliki jamban keluarga (wc) atau warga yang masih buang air besar sembarangan, di sungai dan di belakang rumah (kebun), pendataan pada setiap dusun se desa tallang bulawang”.

Setelah di data, kami mengundang semua masyarakat maupun stakeholder desa untuk disosialisasikan pentingnya program ODF yang berhubungan dengan penyakit yang ditimbulkan dari akibat buang air besar di sembarang tempat, seperti penyakit diare dan muntaber.

Saat itu, kami juga langsung menggunakan jasa dari pihak dinas kesehatan sebagai pemateri atau narasumber dalam pertemuan sosialisasi kesehatan tersebut, dan data warga yang belum memiliki jamban keluarga (wc) sebanyak 450 Kepala Keluarga (KK). Ungkapnya

“Dimana 150 KK warga yang masuk dalam Program Keluarga Harapan (PKH) dan 300 KK warga yang mendapat program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari pemerintah desa tallang bulawang”.

Alhamdulillah secara keseluruhan warga desa tallang bulawang sudah memiliki jamban keluarga (wc) saat ini, kecuali ada warga yang baru masuk atau pindah di tallang bulawang, kami sebagai pemerintah desa akan menyampaikan supaya mengikuti program kesehatan ODF tersebut. Harapnya (tn/ak)