Tahap Pertama Luwu Drop 10 Truk Bantuan Kemanusian Untuk Sulteng

LUWU, TN- Kapolres Luwu, AKBP.Dwi Santoso saat dikonfirmasi terkait pengiriman atau distribusi bantuan kemanusiaan untuk korban gempa dan tsunami di kabupaten Donggala, Zigi dan Palu, rabu (3/10) setelah acara pelepasan keberangkatan bantuan di jalur dua trans sulawesi, depan kantor Polres

Dwi mengatakan setelah kita buka Posko Solidaritas Kemanusiaan untuk Bencana Sulawesi Tengah (Sulteng) sejak hari senin kemarin di pos lantas Polres, Alhamdulilah berbagai partisipasi dari semua elemen masyarakat baik itu dari perorangan, instansi, sekolah-sekola, semuanya berperan aktif berbondong-bondong untuk turut memberikan bantuan kepada saudara-saudara kita si sulteng.

Dan untuk tahap pertama ini jumlah bantuan baru 10 truk yang kita kelola dan kita distribusikan ke lokasi bencana disana, kata Dwi. Jenis bantuan juga berfariasi, mulai dari air mineral, beras, terpal, mie instan, pakaiyan, makanan bayi, perlengkapan bayi, perlengkapan bersih-bersih, perlengkapan solat dan banyak macam jenis lainnya.

Kami juga sudah komunikasi dengan kapolres palu, mereka minta kalau bisa dikirimkan untuk membuka dapur umum, ungkap Dwi. Insya Allah nanti ditahap kedua itu kita lebih prioritaskan terkait dengan masalah perlengkapan untuk dapur umum.

Kemudian terkait dengan masalah konsumsi, baik untuk makanan yang bisa diolah maupun makanan yang siap dimakan. Memang itu permintaan yang disampaikan ke kami, kita coba memenuhi apa yang menjadi kebutuhan disana sehingga yang kita kirim ini tepat yang dibutuhkan disana.

Terkait dengan Tenaga relawan, untuk pengiriman bantuan saat ini yang kami lakukan, ini sifatnya hanya mendistribusikan, kemudian nanti sekembalinya kalau memang kendaraan kita akan dibutuhkan untuk mengevakuasikan rekan-rekan yang ada di palu untuk keluar dari Sulteng, itu juga kita akan utamakan

Selain anggota Polri yang ikut bergerak mengawal bala bantuan tadi kesana, ada juga dari rekan TNI yang ikut, kemudian ada dari relawan ada beberapa, kemudian dari pemerintah daerah juga ada yang ikut.

Insya Allah pendistribusian bantuan ini akan sampai ketujuan dengan aman, karena kita sudah komunikasi dan tetap terus berkomunikasi dengan seluruh jajaran yang akan dilintasi dan aparat keamanan sudah memberikan jaminan keamanan sampai ke lokasi bencana.

Dan inipun kita tetap mengawal dengan ketat, ada dari rekan-rekan kita yang ikut TNI-Polri untuk melakukan pengawalan bala bantuan ini, kita sudah berkomunikasi dengan satuan-satuan yang akan kita lintasi dan mereka menyampaikan bahwa situasi sepanjang jalur aman dan bisa dilintasi.

Harapan kami, mudah-mudahan apa yang sudah diberikan oleh masyarakat kabupaten luwu untuk saudara-saudara kita di Sulteng yang tertimpa musiba, bisa bermanfaat, bisa digunakan dan bisa meringankan para saudara-saudara kita korban bencana disana.

Kita juga masi membuka posko kemanusiaan di Polres luwu selama mereka membutuhkan bantuan, kami berharap juga silahkan bagi masyarakat yang ingin memberikan bantuan, kami siyap memfasilitasi, mengakomudir kemudian mendistribusikan ke lokasi bencana yang membutuhkan.

Pada acara pelepasan distribusi bantuan untuk Sulteng yang diadakan oleh Polres Luwu ini, dibuka oleh wakil bupati luwu, Amru Saher dan di Lepas keberangkatan oleh ketua DPRD Luwu Andi Muharir bersama Perwira Pengubung (Pabung) Luwu,Inf.Safruddin. (TN/al)