Saran Kabag Humas Genjot Peningkatan Kemajuan Luwu

MUH.ANSIR ISMU ; ” Ada Beberapa Faktor Untuk Pengembangan Kabupaten Luwu Kedepan”.

Belopa, TN – Kepala Bagian (Kabag) Hubungan Masyarakat (Humas) Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu, Muhammad Ansir Ismu yang akrab dipanggil “Pak Ismu”, mengatakan pada Teropong diruang kerjanya, Jum’at (17/8). Bahwa berdasarkan perkembangan informasi melalui media sosial yang dibawahinya selama beliau menjabat kurang lebih satu tahun di luwu, menyimpulkan beberapa faktor sebagai penopang kemajuan kabupaten luwu kedepan.

“Selama saya tugas disini dinda”, katanya. “Banyak informasi tentang perkembangan kabupaten luwu yang sedikit saya tau, apakah melalui pemberitaan teman-teman media sosial maupun melalui kegiatan-kegiatan pemerintah daerah yang saya pernah ikuti”.

“ini bukan kritikan namun boleh dikata sebagai saran untuk atasan saya demi kemajuan luwu”. Tandasnya dengan nada suara lembut. “Ada beberapa faktor yang harus kami pemerintah daerah perhatikan”. Lanjutnya, selain peningkatan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan antar kecamatan maupun antar desa, perlu juga ada upaya peningkatan dalam pelayanan publik.

Seperti kontroling kualitas pendidikan, kesehatan, para usaha kecil menengah, pariwisata dan mengembalikan atau mempertahankan nilai-nilai budaya serta sejarah luwu.

Kenapa pembangunan jalan dan jembatan antar desa maupun kecamatan diutamakan, lanjut Ismu. Supaya mempermudah dan mempercepat hasil sumber daya alam atau hasil para nelayan dan petani ke pasar-pasar daerah, dengan tujuan memperlancar perputaran ekonomi rakyat (Pasar). Baik petani kebun, petani sawah maupun petani tambak.

Namun butuh proses dan waktu, apalagi tentang peningkatan kualitas generasi sumber daya manusianya, sebelum meningkatkan sumber daya generasi, para guru dan pengajar yang ditingkatkan dulu kualitas didikannya, supaya anak-anak didik atau generasi kedepan memiliki skil pengetahuan dan cara pandang yang luas diberbagai bidang usaha, dalam meningkatkan pendapatan mereka.

Untuk meningkatkan kualitas para guru dan tenaga pengajar, mereka bisa study banding minimal mengadakan kajian-kajian ilmiah secara kelompok dalam upaya meningkatkan kualitas cara menghasilkan didikan yang berkarakter. Ini perlu juga ada pengontrolan dari instansi terkait untuk itu. Kalau sebagian besar para anak didik memiliki didikan yang berkarakter, Insya Allah luwu kedepan bisa membendung pengaruh globalisasi. Kata Ismu dengan serius.

Begitu juga dengan para tenaga ahli kesehatan seperti dokter dan perawat butuh perhatian khusus dari kami pemerintah dalam melayani pasiennya, karena bisa beraktifitas orang mencari kebutuhan hidup kalau dalam kondisi sehat. Supaya kami pemerintah betul-betul melayani masyarakat dibidang kesehatan diperlukan tenaga dokter-dokter spesialis ahli dibidangnya masing-masing yang berpengalaman.

Sambung Ismu, kemudian upaya peningkatan dalam bidang kepariwisataan, karena sebenarnya banyak tempat-tempat diluwu yang berpotensi dijadikan pendapatan asli daerah (PAD). Tempat wisata luwu sebenarnya tidak kalah dengan daerah lain dibidang pariwisata, cuman cara mengemas dan menjual yang perlu lagi dikembangkan. Seperti dikaloborasi dengan adanya kegiatan-kegiatan budaya sesuai adat dan istiadat didaerah itu, atau adakan tari-tarian adat sesuai sejarah disetiap hari-hari libur.

Supaya kekayaan budaya luwu tidak terkikis dari tahun ke tahun, lalu dipromosikan ke berbagai daerah bahkan promosikan secara nasional bilaperlu ke manca negara. Sambung Ismu selain tukang bengkel, penjual sayur-mayur, sembakao, campuran di berbagai pasar tradisional tingkat desa, pasti para usaha kecil menengah lainnya seperti para penjual aksesoris dengan sendirinya akan tumbuh dimasing-masing tempat pariwisata.

Kemudian upaya pengembangan dan peningkatan kembali cerita-cerita Sejarah yang hampir punah serta kegiatan-kegiatan adat-istiadat luwu seharusnya selalu diadakan minimal setiap bulan, karena semua faktor yang saya lihat ini saling terkait yang satu dengan yang lainnya dan sebagai sumber pendapatan asli daerah yang harus dipertahankan demi kemajuan luwu. Kuncinya (Aldy)