Belum Dapat ODF, Sekcam Kamanre Dorong Lurah dan Kades Bangun Jamban Warga

KAMANRE, TN – Albaruddin,AP.SP.M.Si sekretaris kecamatan (Sekcam) Kamanre kabupaten Luwu sulawesi selatan, pada Teropong, Minggu (6/01) menyampaikan bahwa di kecamatan kamanre belum semua desa termasuk kelurahan kamanre belum masuk kategori Open Defecution Free (ODF).

Kedua desa itu adalah desa Tabajja, desa Libukang dan kelurahan kamanre. Ungkap Albaruddin, artinya masih banyak masyarakat di kedua desa dan kelurahan tersebut masih buang air besar sembarang tempat, karena masih banyak pula masyaraka atau warga di ketiga wilayah ini belum memiliki Jamban Keluarga (WC).

Kedepan saya sangat berharap kepada kepala desa dan lurah yang disebut tadi, supaya mengagendakan dan menganggarkan serta menggenjot program pengadaan jamban keluarga untuk memenuhi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dan menghindari masyarakat dari berbagai penyakit dan diare.

Selain dana desa yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Katanya, kan sekarang kelurahan juga sudah memiliki anggaran operasional dari APBN, jadi pak lurah kamanre, pak desa tabajja dan pak desa libukang supaya anggarkan WC keluarga demi Masyarakat dan kita semua.

Kami atas nama pemerintah kecamatan kamanre sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada kepala puskesmas kamanre beserta jajarannya atas peran dan kinerja yang nyata, sehingga puskesmas kamanre telah meraih piagam dan penghargaan akreditasi dari kementrian kesehatan beberapa waktu lalu. Ucap Albaruddin (tn/ak)