Srikandi Bugis Ikut Bertarung Menuju Parlemen Luwu 2019

KASMIATI,S.Sos: “Bekerja Bersama Rakyat, Untuk Rakyat”

BUPON, TN- Pada Teropong, jumat (30/11). Isteri dari kepala desa padang kamburi ini, Kasmiati,S.Sos (40.Thn) kelahiran Bugis Soppeng menyampaikan bahwa iya adalah satu-satunya keluarga Bugis tulen yang ikut bertarung dalam pemilihan legislatif di kabupaten luwu nantinya (2019).

Melalui Partai Gerindra, Kasmiati bersama suami tercinta dan keluarga bugis yang berada di daerah pemilihan (Dapil) empat yakni kecamatan bupon, ponrang, bua dan kecamatan ponrang selatan, mereka akan berjuang merauk suara dalam merebutkan salah satu kursi DPRD Luwu untuk Kasmiati.

Para keluarga Bugis menilai bahwa walaupun Kasmiati sudah memiliki dua jantung hati yaitu Ichsan Jaya Marjono (16.Thn) sudah duduk di bangku kelas sebelas (SMA) dan anak kedua adalah Farhan Jaya Marjono (12.Thn) yang masih duduk di bangku kelas dua (SD).

Para keluarga meyakinkan bahwa Kasmiati sanggup dan bisa memperjuangkan hak-hak masyarakat luwu melalui visi dan misi-nya, terutama untuk masyarakat luwu di dapil empat tersebut dan untuk para keluarga bugis diluwu tentunya.

Menurut para keluarga, selain pernah menjadi utusan dari SMA Negeri 01 Soppeng untuk kegiatan jambore (Pramuka) pada tahun 1996 dan pernah di percayakan menjadi sekertaris pada organisasi daerah yaitu Kerukunan Keluarga Soppeng (KKS) periode 1998-1999, Kasmiati juga pernah menjabat sebagai aparat desa di desa baringeng kecamatan lilirilau kabupaten soppeng sejak tahun 2001 sampai tahun 2017 lalu.

Kemudian di tahun 2016 sampai saat ini Kasmiati juga membantu suaminya Marjono,S.IP sebagai kepala desa padang kamburi di kecamatan bupon, untuk mengatur kebutuhan warga desanya, baik kebutuhan secara administrasi maupun kebutuhan secara sosial.

Sehingga Kasmiati dianggap telah memiliki segudang pengalaman dalam memahami persoalan pelayanan sosial publik pada masyarakat kecil, terutama pada para petani, nelayan dan buruh pekerja.

Disela-sela kesibukannya Kasmiati juga sempat menyampaikan visi dan empat poin misi-nya sebagai calon legislatif di kabupaten luwu, yaitu “Bekerja Bersama Rakyat, Untuk Rakyat” (Visi) dan misi-nya adalah “Menampung dan Memperjuangkan aspirasi rakyat dibidang pemberdayaan perempuan, pertanian, perikanan, UKM, Seni dan budaya serta pelestarian lingkungan hidup”.

Kemudian penjabaran ke empat poin misi Kasmiati yaitu 1.Pemberdayaan perempuan: Mencanangkan program kesehatan bagi ibu dan anak, pengembangan fasilitas posyandu, mendirikan program rumah perempuan.

2.Pemberdayaan aspirasi warga: Menampung dan memperjuangkan serta menyalurkan aspirasi dalam segala bidang kelembagaan

3.Pelestarian lingkungan hidup: Mengaktifkan kelompok tani, KTNA, dan Gapoktan yang ada di desa yang menjalin kerja sama dengan dinas pertanian, perikanan, peternakan dan perhutanan yang ada, menjaga dan merawat pohon keras yang ada ditepi-tepi sungai untuk menjegah kerusakan saluran pengairan sawah

Dan poin yang terakhir, katanya. Sosial budaya dan kesenian lokal: Menjaga dan melestarikan kesenian lokal yang ada, pemerhati pada kalangan bawah tanpa mengharap apapun, memberi pelatihan kerja dan membantu kaum muda putus sekolah untuk mengembangkan kreatifitas dan memberikan lapangan pekerjaan melalui aspirasi nantinya. (tn/al)